Sunday, March 3, 2013

Masjid seribu pintu ini terdapat di daerah Turen kabupaten Malang Jawa Timur, tepatnya berada di area pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah Jl.Anggur Rt 27 Rw 06 Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan masjid Tiban. Masjid ini disebut sebagai Masjid Tiban dikarenakan anggapan masyarakat sekitar yang mengisukan bahwa masjid ini tiba-tiba ada. Arsitektur masjid ini begitu menakjubkan. Banyak ukir-ukiran huruf arab di setiap dindingnya. Ditambah dengan beranekaragam warna yang di pancarkan dari setiap dindingnya. Juga berbagai macam hiasan-hiasan lainnya yang mempercantik masjid ini. Keindahan arsitektur masjid ini sudah banyak di dengar orang. Dan biasanya masyarakat yang ingin wisata religi menuju tempat ini. Masjid ini selalu penuh dengan pengunjung. Apalagi pada hari minggu, begitu banyak bis-bis pariwisata maupun mobil yang di parkir di sekitar halaman masjid, maupun di rumah-rumah perkampungan penduduk. Orang dari jawa biasa menyebut masjid ini dengan nama masjid lawang sewu. Kenapa disebut demikian? Karena masjid ini memiliki banyak pintu. Seperti gambar yang tertera di bawah ini. Ini bagian dari samping bangunan masjid ini.
Dinding masjid dengan arsitektur yang indah
Nah, inilah tampilan masjid dari arah depan. Ketika memasuki kawasan ini kalian akan melewati gang yang di kanan kirinya dipenuhi oleh para penjual yang menjajakan berbagai macam barang jualan mereka seperti buah-buahan, berbagai macam kripik, accesories maupun oleh2 khas Malang.
Tampilan masjid dari arah depan
Hampir semua dinding masjid dipenuhi oleh berbagai macam motif keramik yang beraneka warna. Tatanan banguynan masjid ini begitu indah. Seperti tiang yang ada di dalam masjid ini. Kalian bisa lihat, semua tersusun rapi dan indah.
Tiang dan lantai yang beranekaragam corak dan motifnya
Banyak orang yang datang ke sini untuk melihat keindahan masjid ini. Bukan hanya itu, kita juga bisa merasakan ketenangan sholat di masjid ini.Lantainya pun bisa kita lihat banyak motif dan warna. Kebersihan sangatlah dijaga di tempat ini.
Nah, jika mau berkeliling di dalam masjid ini. Kalian juga bisa menikmati akurium ikan di sisi sebelah kanan masjid. Di dalamnya terdapat beberapa aquarium besar yang berisi beraneka ragam ikan. Berbagai macam bentuk dan jenis ikan dari mulai yang kecil hingga yang besar bisa kalian nikmati di sana. So, beautiful.. Juga bentuk dinding-dindingnya yang dibuat seperti dinding gua dengan cat berwarna hijau, membuat tempat ini lebih spesial lagi.
Aquarium dalam salah satu ruangan masjid
Ketika kamu akan memasuki masjid ini, kalian akan melewati sebuah ruang dimana dindingnya dipenuhi oleh aneka ukir-ukiran yang indah. Juda hiasan lampu-lampu yang semakin mempercantik tempat ini.
Lorong masuk ke masjid
Di sisi sebelah kanan masjid, kamu juga bisa melihat ukiran seperti gambar di bawah ini. Terdapat 3 kursi ukiran kayu yang cukup besar yang bisa kalian gunakan untuk duduk bersantai di sana.Di setiap jalan di luar masjid, kalian juga akan di suguhi oleh berbagai macam ukiran dinding yang subhanallah indahnya. Semua di ukir dengan perfect. Dan saya termasuk orang yang mengagumi masjid ini. Sungguh besar ya keagungan sang Kholik sehingga bisa melahirkan manusia-manusia hebat yang mampu menciptakan sesuatu yang hebat juga.
Nah, disisi lain masjid, ada juga sebuah ruang di mana kanan kirinya terdapat tempat duduk. Dindingnya masih berupa batu bata. Masjid ini masih dalam proses pembangunan dibeberapa sisi-sisinya.    
sisi luar bangunan masjid
Ada bangunan berbentuk guci raksasa juga loh. Indah banget ukirannya. Semua yang ada di masjid ini benar-benar tertata dan terdesain dengan baik. Semuanya mengagumkan.
guci raksasa diluar masjid
Nah, setelah asyik berkeliling masjid dan sholat di sana. Kalian bisa membeli oleh-oleh di gang depan masjid. Tempatnya seperti pasar kecil yang menjajakan banyak sekali makanan khas malang atau buah-buahan di sana terutama apel. harganya pun relatif standart menurut saya. Nah, biar dapet harga yang agak miring, kalian juga bisa menawar harganya. Kalau beli banyak pasti dapat diskon. Seperti saya uang 50rb cukup untuk beli buah alpukat 3kg & durian 3 buah. Mantap kan. Di tambah apel 1 kantong yang di bandrol 5rb perak. Lengkap sudah... xixiixi..
tawar menawar harga
Kini saatnya pulang dan menyudahi perjalanan ini dengan membaca hamdallah bersama-sama.. alhamdulillah... Nikmat yang Allah SWT berikan memang luar biasa dan kita patut mensyukurinya,,,, Wasaalamu'alaikum Wr.Wb..
Reaksi:
Posted by indah haya On 6:17 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About