Friday, March 29, 2013

Bali..Bali.. Bali....
Bali merupakan tempat wisata yang sudah terkenal hingga pelosok dunia. Keindahannya membuat semua orang ingin mengunjunginya bukan hanya dari wisatawan domestik tapi juga wisatawan asing. Siapa sih yang tidak ingin datang ke sana?? Saya pun sangat antusias bila ada kesempatan datang ke Bali. Karena untuk datang ke sana membutuhkan waktu libur yang cukup panjang karena perjalanan yang cukup panjang melalui jalur darat. Dan libur kali ini saya manfaatkan untuk pergi ke Bali bersama ibu. Perjalanan dari Sidoarjo ke Banyuwangi sekitar 8 sampai 9 jam. Kami berangkat ke Bali bersama rombongan lainnya dengan menggunakan bis pariwisata. Kami berangkat pukul 19.00 Wib dan tiba di pelabuhan Banyuwagi sekitar jam 03.00 dini hari. Sesampainya di pelabuhan, kami harus mengantri untuk menyebrang ke pelabuhan Gili Manuk di Bali. Begitu banyak bis dan mobil yang ingin menyebrang ke Bali, sehingga pelabuhan Ketapang di Banyuwangi pada saat itu sangat penuh dipenuhi oleh orang-orang yang ingin pergi ke Bali. Setelah beberapa jam lamanya menunggu, akhirnya Bis kami bisa menyebrang pada jam 09.00 pagi. Bayangkan betapa lamanya kami harus antri. Sungguh kegiatan yang paling menjenuhkan adalah MENUNGGU. Setelah dapat giliran menyebrang, akhirnya kamipun bersemangat lagi. Kami naik kapal yang akan membawa kami ke Bali. Ketika kami melewati jembatan menuju kapal, ada beberapa anak kecil dan remaja di bawah laut yang melakukan atraksi berenang maupun menyelam. Biasa para pengunjung akan menjatuhkan uang logam maupun kertas untuk mereka ambil di dalam air. Setelah melihat-lihat atraksi tersebut, kami pun langsung menuju kapal untuk bergabung dengan yang lain.  Dan, karena tidak ingin ketinggalan moment berlayar di laut, saya pun memilih untuk berdiri di pinggir kapal untuk menikmati matahari pagi. Sambil melihat-lihat pemandangan air laut yang begitu biru. Dari atas pun terlihat beberapa ubur-ubur laut yang melintas di bawah kapal. Ada yang berwarna putih bening, ada yang berwarna pink. Benar-benar pemandangan yang asyik menurut saya.
Bis yang membawa rombongan kami menuju Bali

Sampai di Pelabuhan Banyuwangi

Pemandangan di pelabuhan

Suasana di dalam kapal saat menyebrang

Di atas kapal saat penyebrangan

Birunya air laut di pelabuhan
Setelah beberapa menit mengarungi samudra Bali, akhirnya sampailah kami di pelabuhan Gili Terawang Bali. Sesampainya di sana, kami segera naik bis kembali untuk melakukan perjalanan darat menuju Tanah Lot. Kami tiba di tanah lot sekitar pukul14.00 waktu Indonesia bagian Bali. Kami hanya diberi waktu 1 jam untuk berkeliling oleh pemandu wisata karena perjalanan kami masih jauh. Dan, tanpa menyia-nyiakan waktu, kamipun langsung menuju kamar mandi untuk mandi dan ganti pakaian karena dari kemarin belum mandi. Setelah itu kami langsung bergegas menuju Tanah Lot.
Pelabuhan Gili Manuk Bali

Pelabuhan Gili Manuk

Ibu saya asyik sekali berbelanja di sana, sedangkan saya lebih suka berada di pantainya. Jadi kami pun berpisah. Ibu sibuk berbelanja dan saya berjalan-jalan di area Tanah Lot. Konon katanya Tanah Lot mempunyai makna tanah yang berada di atas laut. Di atas Tanah lot terdapat 1 pura tempat peribadatan umat hindu. Di sana juga terdapat sumber air Suci yang konon katanya sangat mujarab bagi orang yang meminumnya. Guide kami juga menceritakan bahwa ada mitos jika ke Tanah Lot tidak boleh membawa pasangan karena akan menyebabkan putusnya hubungan kedua insan tersebut. Tapi itu sebuah mitos teman. Entah percaya atau tidak tergantung keyakinan kita bagaimana menyikapinya.
Pasar menuju Tanah Lot

Gapura depan Tanah Lot

Suasana di dalam Tanah Lot

Batu karang di Tanah Lot

Tanah Lot

Pura di Tanah Lot

Ombak di tanah lot ini sangat kencang. Jadi tidak diperkenankan untuk berenang di sini. Juga warna air lautnya kehitaman seperti pasirnya. Disini memang pantai pasir hitam. Di tanah Lot ini juga terdapat Gua Ular yang konon katanya juga suci. Tempat ini sangat indah dengan dikelilingi oleh karang-karang yang cukup besar dan adanya pura ditengah-tengah laut. Jika air sedang pasang kita tidak bisa menyebrang ke pura tersebut. Tetapi jika sedang surut kita bisa berjalan ke pura tersebut untuk berkeliling.
Beautiful View in Tanah Lot

Setelah 1 jam sudah di sana, tibalah saatnya kami untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya yaitu ke pantai Kuta. Hari sudah mulai sore dan akan gelap. Hari itu menurut guide kami ada kunjungan dari Bpk. Presiden yaitu Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono sehingga jalan-jalan di Bali banyak yang dialihkan. Akhirnya kami sampailah di pantai Kuta sekitar jam 17.00 sore. Yah, agak kecewa sebenarnya karena begitu sampai kuta, langit sudah agak gelap. Pertanda waktu Magrib akan datang. Kami tidak bisa menikmati pemandangan Kuta yang katanya indah dan eksotis tersebut. Jadi kami pun hanya duduk-duduk dipinggir pantai sambil merasakan udara malam. Setelah beberapa menit di Kuta, kami semua satu rombongan bis memutuskan untuk pulang saja. Dan kamipun menunggu jemputan kami. Setelah jemputan kami datang, rute yang kami tuju adalah menuju ke JOGER. Tempat di mana disana banyak menjual barang-barang seperti kaos atau souvenir dengan tulisan lucu. Tapi sayang sekali, karena kemacetan yang terjadi di sana selama dua jam kami dijalan dan tidak kunjung sampai di Joger. Maka panitia memutuskan untuk membatalkan acara di Joger. Kami kecewa, tapi mau bagaimana lagi waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 malam. Dan joger pun akan tutup. Jadi kami semua dialihkan untuk berbelanja di Krisna. Toko yang menjual berbagai macam kaos, baju maupun souvenir dari Bali. Setelah sekitar satu jam berbelanja di sana. Tibalah saatnya kami untuk pulang menuju hotel. Setelah sampai hotel kami pun segera membersihkan diri dan beristirahat.
Pantai Kuta di senja hari

Kerlip lampu di Kuta

Beautiful view in Kuta

Memandang indahnya senja di pantai Kuta with my Mom

Tujuan wisata selanjutnya adalah Pantai Sulanyah. Tapi saya akan menuliskan tentang pantai tersebut di sesi selanjutnya. Ok, kawan, sekian petualangan saya di kota Bali terutama di tanah lot dan krisna. Nantikan episode selanjutnya. Salam.,,, :)