Sunday, March 10, 2013

Hari minggu yang cerah kala itu.. Kami pergi mengunjungi air terjun cuban Talun di daerah Batu Malang. Lokasinya mudah di temukan karna ada petunjuk jalan. Arahnya sama dengan wisata Selecta dan ke arah Cangar. Karena baru pertama kali, kamipun mengikuti petunjuk jalan untuk datang ke tempat itu. Setelah sampai di pintu masuk, kami pun membayra tiket masuk untuk dua orang seharga Rp. 10.000, biaya parkirnya Rp. 2.000, Nah, setelah dari tempat parkir, untuk menuju lokasi tersebut kamu harus turun ke bawah untuk menyebrangi sungai. Sungainya dangkal pemirsa, jadi jangan khawatir jatuh asalkan hati-hati pasti selamat. Nah, setelah menyebrangi sungai 2x, barulah kita mendaki ke atas hutan melalui jalan setapak. Setelah itu turun lagi lewat hutan tersebut. Hanya ada satu jalan setapak , jadi jangan takut kesasar kawan. Setelah sekitar 1.5 km, kamu sudah bisa sampai di air terjun tersebut. Tempatnya indah, air yang mengalirpun begitu derasnya. Tetapi karena musim hujan, maka airnya sedikit keruh. Tapi tentu tidak mengurangi keindahan alam ciptaan Nya.. Nah, kita mulai yuk petualangannya,,,,
Ini gapura depan pintu masuk menuju wisata cuban Talun. Nanti ada petugas yang jaga disini. Dan kamu pun akan di tanya tujuan ke sana, untuk sekedar berkunjung melihat-lihat atau untuk camping. Bila camping, kalian harus laporan dulu pada petugas tersebut. Dan karena kami hanya ingin berkunjung, maka setelah membayar tiket masuk, kami pun langsung menuju tempat parkir..
Gapura pintu masuk
Setelah memarkirkan kendaraan,kita bisa langsung menuju ke lokasi dengan menyebrangi sungai ini. Sungai ini tampaknya di manfaatkan warga untuk mencuci kendaraan mereka. Banyak sepeda motor dan truk yang nagkring di sepanjang sungai ini.
Sungai untuk menuju ke lokasi air terjun
Setelah menyeberangi sungai kita mulai menyusuri jalan setapak melewati hutan-hutan yang cukup rimbun. Karena jalannya menurun, kita bisa mudah menyusuri jalan ini. Tapi hati-hati bila musim hujan, jalannya becek, dan licin yang bisa menyebabkan kalian terpeleset.
Jalan setapak menuju lokasi air terjun
Pemandangan yang indah di sepanjang sungai
Nah setelah menyusuri jalan setapak sekitar 30mnt, kalian akan segera sampai di area air terjun tersebut. Suara percikan airnya sudah terdengar dari kejauhan karena aliran airnya yang cukup deras.
air terjun di balik hutan
Dan,, inilah tampilan air terjun tersebut. Indah ya pemirsa,, dengan satu air terjun utama, dan dua aliran air yang bercabang menambah indah pemandangan wisata ini.
aliran sungai

Air terjun ini dikelilingi hutan belantara yang dipenuhi lumut disisi pohon-pohonya. Juga Batu-batu besar di sepanjang jalan.
 Nah, bila awal kedatangan kita harus menuruni jalan setapak, Untuk pulang kita harus menaiki jalan setapak tadi. Lumayan menguras tenaga karena perjalanan ini terasa berat. Ditambah bila kondisi jalan licin, jadi berhati-hatilah teman.
Jalan setapak yang agak licin
 Yah,,, lelahnya saya mendaki jalan setapak ini. Perjalanan terasa lama karena kami harus mendaki.
Setelah sampai di atas... Alhamdulillah... sudah tidak mendaki, dan kamipun melanjutkan perjalanan kami menuju tempat parkir dan pulang. Sekian dulu petualangan saya di kota Malang. Bagi yang belum pernah ke sana,, bisa di coba. Menikmati indahnya ciptaan Allah Swt... ^_^
Reaksi:
Posted by indah haya On 10:29 PM 2 comments
Comments
2 Comments

2 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About