Sunday, July 7, 2013

Agro Wisata Kusuma Batu Malang
Agro wisata kusuma merupakan agrowisata yang menyediakan fasilitas petik buah langsung dari pohonnya. Berbagai macam tanaman buah maupun sayuran bisa kita lihat di sini. Untuk sayuran contohnya adalah seperti sayur kol, bawang merah,tomat, cabai, paprika,terong, sawi dan lain-lain. Juga terdapat buah-buahan seperti stroberry, jeruk, apel, jambu, markisa, mangga, buah naga dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua di kemas dalam bentuk apik di sebuah perkebunan yang dikelilingi oleh pemandangan gunung dan bukit-bukit disekitarnya. Suasananya yang hijau permai menambah indah tempat wisata ini. Letak agro wisata ini adalah di daerah Batu Malang. Dekat sekali dengan wisata Jatim Park Malang 2 maupun BNS. Alamat tepat agrowisata ini adalah di Jl. Abdul Ghani Atas, Batu Malang. Hargat tiket masuk agro wisata ini terdiri dari dua macam yaitu Paket 1 seharga Rp. 60.000/org, dan paket II seharga Rp. 75.000/org. Kedua-duanya mempunyai fasilitas yang sama, yang membedakan adalah paket I kalian akan dihidangkan jus stroberi dan puding stroberry. Sedangkan di paket dua bukan hanya jus stroberry dan puding saja, tetapi kalian akan disuguhkan juga dengan jus jeruk dan jus jambu. Paket I fasilitas yang akan kalian dapat yaitu kalian akan dapat  bungkus sayuran yang bisa kalian kalian pilih antara tomat, paprika atau terong. Kedua kalian bisa memetik buah stroberry langsung dari pohonnya, tapi hanya bisa memetik 4 buah saja. Itupun tidak bisa langsung dimakan di tempat. Kalian harus membungkusnya dulu diplastik dan memberitahu petugas. Setelah itu kalian bisa mencucinya di tempat yang telah disediakan dan bisa kalian nikmati. Setelah acara petik buah stroberry usai, kalian bisa langsung menuju cafe strobery yang ada di bawah. Di sana nanti kalian akan disuguhkan dengan jus stroberry 1 gelas dan puding stroberry secara gratis, cuma-cuma tanpa dipungut biaya. Jika ingin makan atau memesan makanan lainnya, cafe ini juga menyediakan berbagai menu makanan dari stroberry khususnya. Seperti cake stroberry, ayam panggang stroberry, pancake stroberry, dan masih banyak menu-menu stroberry yang bisa kalian pesan di sana. Tapi untuk pemesanan makanan di sini, kalian harus keluar uang sendiri pemirsa.
Pintu Masuk menuju kebun stroberry 
Kebun stroberry
Buah strawberry masih fresh dari pohon
Yummy strawberry
Kebun stroberry campur bawang merah
Kebun strawberry
Pengen makan strawberry 
Jus dan puding strawberry
Cafe strawberry
Pesen Kentang goreng aj wis








































Setelah dari cafe stroberry, kalian bisa keluar dari kebun stroberry tersebut untuk menuju ke kebun selanjutnya yaitu kebun jambu. Letak kebun jambu berbeda dengan kebun stroberry. Jika kebun stroberry berada di atas, maka untuk menuju ke kebun jambu, kalian harus turun ke bawah. Ke area hotel agrokusuma. Jika kalian ragu-ragu atau bingung tempatnya dimana, nanti akan ada petugas yang bisa kalian tanyai.  Okey, sekarang kita mulai blusukan ke kebun jambu. Sebelum masuk kebun jambu, kita akan melewati kebun markisa di kiri jalan. Di dalam kebun tersebut juga terdapat kebun jambu. Tapi itu bukan kebun yang itu tujuan kita. Setelah melewati kebun markisa, didepan kita akan ada dua jalan bercabang. Satu belok kiri, satunya lagi belok kanan. Bila belok kiri, kita bisa menikmati fasilitas outbond di sana seperti flying fox, pin ball dan masih banyak lagi permainan outbond yang bisa kalian nikmati. Tapi ada tarif tersendiri untuk menikmati outbond di sana. Jadi kalian harus menambah biaya tambahan. Jika kalian tidak tertarik untuk outbond, maka kalian bisa langsung belok kanan untuk menuju kebun jambu. Di kebun jambu ini kalian hanya diperbolehkan memetik jambu sebanyak 3 buah. Jambu yang ada di kebun ini adalah jambu merah. Kebunnya lumayan luas sehingga kita bisa mengelilingi kebun tersebut sesuka hati. Buahnya begitu banyak dan rimbun. Pemandangannya juga asyik di sana.
Kebun Jambu
Jambu
tiga buah jambu yang bisa dibawa pulang
Kebun jambu




































Setelah selesai di kebun jambu, kita beranjak ke kebun jeruk. Kata petugas yang memberi informasi kami, saat itu adalah musim jeruk jadi kami di pandu ke kebun jeruk. Biasanya bukan kebun jeruk wisata utamanya, tetapi kebun apel. Berhubung saat itu bukan musim apel, jadi kami digiring untuk ke kebun jeruk. Masuk lokasi kebun jeruk, kita akan disuguhi pemandangan jeruk yang begitu lebat. Warnanya pun menarik hati, berwarna kuning bercahaya. Sayangnya, ada beberapa pohon yang tampak layu daun dan buahnya. Mungkin karena keusilan pengunjung yang tidak hati-hati dalam mengambil buah. Jadi sebaiknya kita berhati-hati. JAngan sampai merusak perkebunan yang sudah dirawat dengan baik tersebut. Di kebun jeruk ini kita hanya diperkenankan memetik jeruk 2 buah, tidak lebih dari itu. Setelah dari kebun jeruk kita bisa kembali ke pintu utama untuk menuju ke pintu keluar. Itulah fasilitas yang akan kita dapatkan jika kita memilih paket I, tapi bila kita memilih paket kedua, setelah dari kebun jambu dan kebun jeruk kita akan disuguhi jus jambu dan jus jeruk disana secara cuma-cuma. Jadi bila kalian berminat untuk datang ke sana, silakan pilih paket yang kamu sukai. Sekian yang dapat saya tuliskan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin datang ke sana sebagai referensi. Salam.

Jalan menuju kebun jeruk
Banyak bunga-bunga indah di sana
Pohon Jeruk "Fresh banget dari pohon"
Banyak pengunjung yang datang untuk petik buah
Kolam terakhir menuju pintu keluar

Reaksi:
Posted by indah haya On 1:00 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About