Thursday, January 30, 2014

Pernahkah Anda sendirian di rumah?? Pernah merasa parno atau was-was ketika sendirian?? Atau merinding karena suasana rumah yang sepi dan tidak ada orang???  Hmm,,, setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya takut. Takut adalah perasaan gelisah yang datang tiba-tiba dari dalam diri kita karena faktor-faktor tertentu dan bisa menyebabkan jantung kita berdegup begitu kencangnya saat rasa takut itu muncul (ini versi saya,, maybe like that haha...). Gelisah dalam hal ini bisa terjadi karena pikiran kita sendiri atau bisa juga karena faktor luar. Faktor dari dalam diri kita bisa karena pikiran kita yang negatif seperti tiba-tiba merasa merinding takut ada makhluk halus, takut ada yang mengikuti padahal tidak ada seorang pun, takut karena sesuatu yang tidak jelas. Sedangkan faktor dari luar bisa karena ada suara-suara yang datang misalkan karena angin atau karena ada benda jatuh kemudian kita takut dan berpikiran aneh-aneh, bisa jadi karena ada perampok atau dalam keadaan yang berbahaya. Banyak faktor yang menyebabkan orang mengalami rasa takut. Namun kita tidak boleh terlalu terhanyut dalam rasa takut yang kita rasakan. Sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran oleh Allah Swt kita harus bisa mengendalikan perasaan dan pikiran kita. Jangan sampai kita yang dikendalikan oleh perasaan kita (sok bijak,, gkgkgkgk....).

Baiklah, setelah kita membicarakan tentang apa itu takut dan faktor-faktor yang menyebabkan rasa takut itu timbul, sekarang saya ingin memberikan tips bagaimana cara menghilangkan rasa takut yang tiba-tiba datang. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Terkadang jika berada di rumah sendirian apalagi di malam hari, rasa takut seringkali muncul entah karena ada suara-suara yang tidak jelas, karena hujan, atau karena petir yang menyambar. Kadang juga di karenakan suasana rumah yang memang sepi dan hening. Ketika takut datang menyerang saya segera menjalankan tips-tips di bawah ini.  Memang tidak permanen hasilnya, tapi cukuplah untuk sekedar menghilangkan rasa takut sementara. Berikut tipsnya :

1. Sholat sunah dan mengaji.
Jika rasa takut datang menyerang, segeralah ambil wudhu dan sholat. Sholat bisa menenangkan hati kita, apalagi sewaktu berdo'a. Fokuslah berdoa ketika sholat dan jangan mengingat apapun kecuali berdoa pada Allah Swt. Setelah selesai sholat dan berdoa, segeralah mengaji. Mengaji juga cara jitu menghilangkan rasa takut. Jadi selain dapat pahala karena mengaji, kita juga bisa menepis perasaan takut ketika di rumah sendirian.

2. Lakukan banyak aktifitas di Rumah .
Jika sedang berada di rumah sendirian, usahakan jangan hanya berdiam diri atau melamun. Bergeraklah dan lakukan apa saja yang bisa dilakukan di rumah seperti memasak, mencuci baju, menyetrika, menyapu, atau mengepel rumah. Semua kegiatan di atas bisa mengesampingkan rasa takut yang menyerang ketika berada di rumah sendirian. Kenapa bisa menghilangkan rasa takut?? Jawabnya mudah, dengan melakukan banyak kegiatan di rumah, otomatis kita bisa konsentrasi pada pekerjaan yang kita lakukan tanpa memikirkan hal-hal aneh atau negatif yang kita rasakan. Lakukan lah pekerjaan-pekerjaan rumah dengan hati yang senang agar pekerjaan terselesaikan dengan baik. Jadi sisi positif yang bisa kita dapat dengan mengerjakan banyak kegiatan di rumah adalah, selain rumah bisa terawat dengan baik, rasa takutpun sedikit berkurang karena konsentrasi kita beralih pada pekerjaan.

3. Listen to the Music
Jika sudah melakukan banyak pekerjaan rumah tapi tetep saja takut, maka yang harus kalian lakukan adalah menyalakan tape atau radio yang kalian punya. Setel lagu yang ceria dan dengarkan musicnya. Sambil melakukan banyak kegiatan sambil mendengarkan music sangat menyenangkan loh. Sambil masak sambil nyanyi-nyayi sendiri hehehehe.... Nah, dengan mendengarkan music juga bisa menghilangkan rasa takut jika berada di rumah sendirian. Paling tidak ada yang menemani kita walau hanya lewat suara. Dengan music suasana di rumah yang tadinya sunyi dan sepi menjadi hidup kembali.

4. Browsing internet, membacar buku atau ber-social media ria
Jika tidak ada pekerjaan rumah yang bisa dilakukan, maka kita bisa mencari kegiatan lain seperti browsing-browsing artikel di internet, cari resep masakan, cari info tempat wisata,atau cari artikel cara menghilangkan rasa takut.. :D hehe.. atua cari apa sajalah yang kamu inginkan. Jadi sambil baca-baca artikel rasa takut akan dikesampingkan dengan sendirinya. Jika punya majalah atau koran, bacalah sambil mendengarkan music agar tidak sepi. Atau kita bisa bersocial media seperti membuka twiter, FB, instagram, blogger atau anything lah buat ngisi waktu luang, sekedar melihat-lihat status teman atau timeline mereka. Yang penting jangan sampai melamun atau menyendiri di rumah bisa dirasuki makhluk gaib beneran loh,,, :D :D.


4. Pergi tidur
Okey, jika sholat sudah dilakukan, mengaji sudah, melakukan banyak hal di rumah sudah dan mendengarkan music juga sudah, membaca buku atau browsing internet sudah, tetapi masih takut juga. Hmm,,,, cara terakhir yang bisa di lakukan adalah lari sekencang mungkin keluar rumah,, hahahaha... (just kidding,, :P ). Cara terakhir adalah masuk kamar dan tidurlah. Sudah hilangkan saja pikiran-pikiran negatif yang ada dalam otak, agar perasaan takut tidak semakin menjajah pikiran kita. Nyalakan lagu yang slow dan tidurlah. Kunci semua pintu rumah, agar tidak ada maling masuk dan segera masuk kamar. Usahakan lampu-lampu di rumah jangan ada yang dimatikan, alias nyalakan saja semua lampu agar rumah tidak semakin terlihat seram. Setelah semua sudah di cek, maka kita bisa tidur dengan membuang pikiran-pikiran negatif yang menyebabkab rasa takut datang. Jangan lupa berdoa sebelum tidur agar tidur kita senantiasa di jaga oleh Allah Swt.

Dan, begitulah tips singkat yang bisa saya berikan untuk kalian yang sedang merasa takut berada di rumah sendirian. Saya sendiri seorang penakut kawan, xixixi,, tapi tuntutan hidup yang harus mandiri menjadikan diri kita harus melawan rasa takut itu, apalagi jika berada jauh dari orang tua atau suami yang masih sibuk kerja dan belum pulang sampai malam. Jangan manjakan diri dengan bergantung pada orang lain. Mulailah jadi pribadi yang pemberani dan mandiri. Cemungutt.... :D



Reaksi:
Posted by indah haya On 12:03 AM 1 comment
Comments
1 Comments

1 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About