Sunday, June 23, 2013

Pulau Sempu
Pulau Sempu adalah sebuah pulau yang dikelilingi oleh lautan Malang Selatan. Pulau sempu terletak di daerah Malang selatan yaitu sekitar 69 km dari arah kota Malang. Untuk menuju ke pulau sempu kalian harus menuju ke pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Nanti dari arah Sendang Biru kalian akan di pandu oleh petugas di sana untuk ke kantor penjagaan apabila ingin menyebrang ke pulau sempu. Untuk masuk ke Pantai Sendang Biru tiket masuk yang harus kalian bayar adalah Rp. 15.000,- untuk dua orang satu sepede motor. Harga belum termasuk tempat parkir. Ketika sampai di pantai Sendang Biru, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang biru dengan banyak perahu-perahu yang berjajar di pinggiran pantai. Perahu-perahu tersebut yang nantinya akan mengantarkan kalian menuju ke segara anakan atau yang lebih di kenal dengan nama pulau sempu.Setelah memasuki kawasan Sendang Biru, bila kalian baru pertama kali ke sana, tanyalah pada petugas yang ada di pinggiran pantai tersebut untuk diantarkan ke kantor tempat penjagaan. Biasanya petugasnya memakai kaos biru dan selalu berjaga-jaga di pinggir pantai dekat perahu untuk memandu pengunjung apabila ingin menyebrang. Jika sudah sampai kantor penjagaan, kalian nanti cukup melapor bahwa kalian ingin menyebrang ke pulau sempu. Jelaskan juga apakah kalian ingin bermalam di sana atau tidak. Petugas juga akan bertanya jumlah anggota kalian berapa dan beliau akan menjelaskan peraturan-peraturan yang ada di pulau sempu.
Pantai Sendang Biru
Perahu yang membawa kami menyebrang ke segara anakan

Petugas juga akan menawari kalian untuk menyewa sepatu safety untuk menuju ke pulau sempu karena akses jalan menuju pulau sempu sangatlah becek dan lumayan licin apalagi jika musim hujan. Untuk menyewa sepatu kalian hanya perlu membayar Rp. 10.000/1 pasang sepatu. Setelah pelaporan beres, kalian bisa menuju pinggir pantai lagi untuk mencari perahu yang akan menyebrangkan kalian. Satu perahu di bandrol dengan harga Rp. 100.000,- Berapapun jumlah orangnya kalian cukup membayar Rp. 100.000,- untuk 1 perahu.

Jangan lupa apabila sudah di dalam perahu mintalah nomer telp si nelayan yang menyebrangkan kalian. Hal itu dilakukan agar ketika kalian ingin pulang, kalian bisa menghubungi nelayan tersebut untuk minta dijemput kembali. Jarak penyebrangan dari Sendang Biru ke pulau sempu hanya beberapa menit saja,lumayan dekat menurut saya. Yang jauh dan melelahkan adalah perjalanan tracking dari hutan menuju segara anakan. Untuk menuju segara anakan kalian harus mendaki dan melewati hutan yang cukup extrem jalannya. Apalagi di musim hujan, jalanan becek dan cenderung licin. Jika tidak berhati-hati kalian bisa terpeleset dan jatuh.
Beautiful view in Segara Anakan
Saya sarankan jangan menggunakan sandal atau sepatu yang licin karena bisa tergelincir seperti yang saya alami waktu ke sana. Kondisi jalan yang becek dan sepatu yang tidak safety akan membahayakan diri sendiri. Hutan tersebut sangat alami, banyak pohon-pohon rindang yang berjejer di sana. Juga berjejer bebatuan besar dan berbagai macam tumbuhan. Akar-akar pepohonan menjulur ke mana-mana. Juga beberapa batang pohon yang roboh yang akan menghalangi jalan kalian. Ditambah hewan-hewan liar seperti monyet juga bisa kalian temui di sana. Banyak juga cacing-cacing yang cukup besar menggeliat di tanah dan membuat saya geli dan ngeri. Takuuut.... hehe... Jadi usahakan untuk tetap waspada. Sebaiknya jika baru pertama kali ke sana, kalian bisa menyewa guide di kator penjagaan dengan biaya yang bisa kalian negosiasi sendiri.
Padatnya pengunjung di pulau sempu saat liburan tiba
Beristirahat sejenak

Jangan lupa bawa makanan dan minuman sendiri selama di sana. Karena di segara anakan tidak ada orang yang berjualan. Bawalah air minum yang banyak, karena perjalanan kalian jauh sehingga pasti akan terasa sangat haus dan lapar. Setelah melewati hutan dan sudah dekat dengan segara anakan, kalian akan disuguhi oleh pemandangan laut dipinggiran pantai yang indah. Air yang bening dengan batu-batu karang di pinggirnya. Di tambah ikan-ikan kecil yang begitu banyak menghias lautan di sana. Subhanallah indahnya....
Main air di pantai
Beautiful Beach
Dan sesampainya di pantai, kalian akan disuguhkan oleh pemandangan pantai yang indah, dengan air yang bening dan tenang. hampir tidak ada ombak. Jika kalian datang ke sana di musim liburan, segara anakan ini sangat penuh oleh pengunjung. Sehingga agak kesulitan mencari tempat untuk beristirahat karena padatnya pengunjung. Jadi lebih baik ke sana di saat bukan musim liburan tiba. lebih private dan nyaman mungkin yah,, hehe..
Si cantik asyik berenang

Seperti biasa, bila melihat air laut, hasrat saya selalu ingin menceburkan diri di dalamnya. Dan,, tidak perlu menunggu waktu yang lama. Saya dan teman saya si cantik langsung menuju air laut untuk bermain air dan berenang. Yah, rasa kecewa terbesit di dalam hati saya sewaktu menceburkan diri di air laut. Saya tidak bisa berenang sehingga hanya bisa bermain air di sana. Padahal, suasana di pantai sana sangat cocok untuk berenang dan berendam. Seger dan mantap airnya. Di tambah cuaca yang begitu cerah menambah semangat kami di sana.

Pulau sempu dari atas bukit
Pengunjung yang ingin pulang menuju perahu

Dan, setelah 1 jam berlalu, kami memutuskan untuk kembali ke sendang biru pada pukul 11.14 Wib. Waktu kami sangat terbatas mengingat jarak tempuh yang cukup jauh. Kami berangkat dari kota Malang pada pukul 04.00 Wib pagi dan tiba di Sendang Biru pukul 07.00 Wib. Setelah sampai Sendang biru, kami memarkir kendaraan dan laporan ke petugas. Dan kami mulai menyebrang pada pukul 08.15 Wib. Perjalanan di hutan saya rasa sekitar 1.5jam. Setelah melewati hutan lagi untuk kembali ke tempat perahu yang mengantar kami, kami harus menunggu sekitar 1 jam di sana karena perahu yang mengantar kami tidak kunjung datang. Setelah lelah menanti, akhirnya kami sedikit putus asa. Tetapi untunglah ada perahu lain datang dan mengangkut penumpang tidak banyak. Kami pun meminta ijin pada si nelayan untuk menumpang di perahunya. Dan beliau tidak keberatan. Akhirnya kami pun menyebrang ke Sendang Biru untuk pulang.
Cacing laut
Kepiting

Dan, demikianlah perjalanan kami di segara anakan Pulau Sempu. Pulau dengan berjuta keindahan dan segala yang extreem di dalammya. Penuh petualangan dan menantang. Anda tertarik datang ke sana?? Silakan datang saja di kota Malang... :) Sampai jumpa di blusukan kami yang lainnya.