Monday, April 13, 2015

Kota Sidoarjo terkenal sebagai kota penghasil ikan dan udang terutama ikan bandeng. Ikon kota Sidoarjo pun berbentuk ikan Bandeng dan Udang. Ikan bandeng yang ada di Sidoarjo pun rasanya berbeda dengan bandeng-bandeng produksi kota lainnya, karena dagingnya lebih gurih. Makanan dengan bahan dasar bandeng yang terkenal dari Sidoarjo adalah bandeng asap. Bandeng yang dimatangkan dengan cara diasapi selama beberapa jam. Namun, selain bandeng asap ada lagi makanan khas Sidoarjo yang berbahan dasar bandeng lainnya, diantaranya yaitu bandeng presto dan otak-otak bandeng. Tentu saja bagi warga Sidoarjo khususnya dan warga jawa timur pada umumnya, bandeng presto lebih banyak dikenal dan lebih familiar di masyarakat. Mengapa? Karena bandeng presto lebih mudah cara membuatnya dan lebih banyak dijual dimana-mana. Di pasar, di toko, di mall, bahkan tukang sayur yang sehari-hari menjual kebutuhan sehari-hari kita pun, terkadang juga menjual bandeng presto. Sedangkan otak-otak bandeng, sangat jarang sekali beredar. Biasanya yang menjual otak-otak bandeng ini hanya di beberapa tempat, seperti toko yang menjual oleh-oleh Bandeng, rumah makan yang menyediakan menu otak-otak bandeng maupun tempat-tempat di mana banyak tambak-tambak bandeng berada. 

Lalu apa sih perbedaan antara bandeng presto dan otak-otak bandeng itu?? Bandeng presto merupakan makanan olahan dari bandeng yang seluruh daging dan durinya dilunakkan dengan panci presto yang telah dibumbui terlebih dahulu. Sedangkan otak-otak bandeng adalah makanan olahan dari bandeng yang daging dan durinya dipisahkan dan dilepas dari kulitnya. Setelah duri terlepas semua, daging dihaluskan bersama bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan. Kemudian setelah tercampur, daging dan bumbunya di masukkan kembali ke dalam kulit bandeng lalu di bungkus daun pisang dan dikukus selama beberapa menit. Setelah matang, bandeng kukus siap disajikan. Jika ingin yang lebih gurih dan kering, Otak-otak bandeng tersebut bisa digoreng dengan di lumuri telur terlebih dahulu. Maka jadilah olahan otak-otak bandeng yang Mantap untuk disantap dengan nasi dan sambal!!
Otak-otak Bandeng produksi rumahan daerah Krian Sidoarjo
Otak-otak Bandeng
Di daerah krian Sidoarjo, ada salah satu tempat yang memproduksi Otak-otak bandeng yang rasanya sangat mantap di lidah. Harganya pun terjangkau. Rumah produksi bandeng tersebut, bukanlah sebuah toko maupun warung atau restoran bandeng. Rumah tersebut hanya memproduksi otak-otak bandeng ketika ada pesanan saja, jadi tidak menyimpan stok bandeng. Otak-otak yang diproduksi selalu fresh dan masih hangat ketika pembeli datang untuk mengambil pesanannya. 
Otak-otak Bandeng goreng
Otak-otak yang siap untuk di packing
Otak-otak bandeng dengan banyak varian rasa
Otak-otak Bandeng kukus yang siap dipacking
Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba kelezatan otak-otak bandeng ini, bisa pesan pada alamat di bawah ini :
Contact person : 
pin. 73edc15b
WA/SMS : 085731138006
Lokasi : krian sidoarjo

Untuk daerah Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya bisa delivery order *dengan ketentuan tertentu*. 

Nah, bagi warga yang diluar Sidoarjo, otak-otak bandeng sangat cocok loh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jadi tunggu apalagi????? Segera datang dan pesan!! 
Salam hangat dari admin,,,,,,,,,,, ^_^
Reaksi:
Posted by indah haya On 8:57 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About