Thursday, April 24, 2014

Museum Majapahit adalah salah satu museum peninggalan jaman kerajaan Majapahit dahulu kala yang berada di jalan pendopo Agung desa Trowulan dusun Trowulan kecamatan Trowulan Mojokerto. Museum ini dibangun oleh bupati Mojokerto yaitu Kanjeng adipati Ario Kromojoyo Adinegoro bersama arkeolog berkebangsaan Belanda Ir. Henry Maclaine Pont pada tahun 1924 dan baru dibuka 2 tahun kemudian pada tahun 1926.  Di Museum ini tersimpan berbagai macam peninggalan arkeologi dan artefak yang ditemukan di Trowulan Mojokerto seperti arca, patung batu, ukir-ukiran, logam, tanah liat, keramik dan lain sebagainya. Museum ini letaknya bersebelahan dengan kolam segaran Trowulan. Reruntuhan-reruntuhan bangunan kerajaan dan patung-patung jaman dahulu semua terkumpul di museum ini.
Museum Majapahit
Peninggalan batu-batu bersejarah
Selain sebagai tempat penyimpanan benda-benda purbakala, museum ini juga menyajikan informasi mengenai peninggalan bersejarah yaitu candi-candi yang tersebar di beberapa kota di Jawa Timur seperti candi Kediri, Candi Singosari di Malang, Candi Jawi di Pasuruan dan beberapa candi lainnya. Museum ini juga biasa digunakan untuk penelitian para mahasiswa maupun anak-anak sekolah yang sedang mempelajari sejarah peninggalan kerajaan purbakala. Maka tidak heran jika setiap hari libur, museum ini akan ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kota maupun berbagai sekolah taman kanak-kanak maupun Sekolah Dasar.

Arca
Taman di samping Museum Majapahit
Disamping museum Majapahit, kalian bisa melihat beberapa pohon dengan buah bulat besar berwarna hijau yang menggantung di pohon. Tahukah kalian buah apa itu?? Yupp,, itu adalah buah Maja. Buah Maja merupakan buah yang rasanya pahit. Konon kabarnya, ketika Raden Wijaya dan pengikutnya membabat alas untuk dijadikan pemukiman, pengikutnya memakan buah maja muda yang rasanya pahit. Sehingga daerah itu dinamakan Majapahit dan tumbuh menjadi kerajaan Majapahit yang besar dan kuat di Nusantara.
Peninggalan bersejarah
Buah Maja
Patung naga di depan museum
Berkunjung ke museum sama adik2 tercinta
Begitulah sekilas sejarah mengenai Museum Majapahit dan nama Majapahit berasal. Ada yang tertarik kah untuk melihat peninggalan bersejarah disini?? Yuk datang ke museum Majapahit di Trowulan Mojokerto. ^_^ 
Reaksi:
Posted by indah haya On 10:36 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About