Thursday, April 24, 2014

Pantai Watu Karung merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah kabupaten Pacitan Jawa Timur tepatnya berada di desa Watu Karung kecamatan pringkuku Pacitan. Spot di pantai ini sangat indah dengan pemandangan air laut yang biru dan bening. Juga ombaknya yang begitu menggoda sehingga banyak turis dari manca negara datang ke pantai ini untuk surfing. Bisa dibilang pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Bali. Pantai ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan di apit oleh batu karang di sekelilingnya.  Di pantai ini kita juga bisa melihat biota laut yang ada di dalamnya seperti rumput laut, ikan-ikan kecil dengan berbagai macam warna, ubur-ubur dll. Karena airnya bening dan bersih kita benar-benar bisa menikmati keindahan alam yang super cantik di sini. Untuk akses jalan ke pantai ini kalian tidak perlu khawatir kesasar karena sudah ada plakat yang menunjukkan arah jalan ke pantai ini. Jalannya pun tergolong sedikit mulus walau ada beberapa jalan yang rusak, tapi saya rasa tidak terlalu menghambat perjalanan kita untuk berkunjung ke sana. Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup memadai karena letaknya dekat dengan rumah penduduk. Di sana sudah ada warung yang menjajakan makanan di pinggir pantai. Juga ada fasilitas kamar mandi dan tempat parkir yang nyaman. Untuk menikmati indahnya pantai ini kita cukup merogoh uang sebesar lima ribu rupiah per orang. Harga makanan di tempat wisata ini juga lumayan murah, sepiring nasi goreng atau mie goreng dibandrol dengan harga Rp. 10.000/porsi. Untuk harga aqua sedang Rp. 3.000/botol. Segelas es janggelan atau es cao dibandrol dengan harga Rp.3.000/gelas. Sepiring nasi ayam bakar dan ikan bakar harganya sekitar Rp. 10.000an.  Harga makanan dan minumannya lumayan standard bukan untuk tempat wisata yang eksotis ini??
Pantai Watu Karung tampak dari depan
Indahnya pantai Watu Karung
Lama perjalanan yang kami tempuh dari Sidoarjo ke Pacitan sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Kami berangkat dari kota Sidoarjo pada pukul 04.00 dini hari. Namun kami tidak langsung berangkat menuju Pacitan. Kami berangkat ke arah Mojosari untuk menjemput sodara kami dan berangkat bersama pada pukul 05.00 pagi. Dari Mojosari kami bergegas menuju Mojokerto-Jombang-Nganjuk-Madiun-Ponorogo dengan waktu tempuh 5 jam. Kami berangkat pukul 05.00 pagi dan tiba di pacitan pada pukul 10.00 Wib. Jalur yang nantinya akan kalian lalui yaitu jalan berliku-liku dengan pemandangan yang super indah di sepanjang jalan. Pemandangan pedesaan dengan sawah dan hutan-hutan yang indah. Ditambah dengan view sungai yang begitu panjang dengan bebatuan yang besar-besar dan indah. Juga pemandangan tebing di sepanjang jalan dan bukit-bukit yang menjulang di sekitarnya, benar-benar fresh dan sejuk. Namun jika kalian tidak terbiasa dengan jalan yang berliku-liku dan berbelok-belok selama berjam-jam, maka kalian harus mempersiapkan minyak kayu putih dan  kantong plastik. Spot jalan yang berliku tersebut akan membuat kepala kita sedikit pusing, perut jadi sedikit mual dan lain-lain. Namun bagi yang sudah terbiasa melewati jalur seperti ini, tentu kalian bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan yang indah disepanjang jalan. Setibanya di Kota Pacitan kita tidak perlu bingung jika ingin berkunjung ke lokasi wisata di sana, karena di sepanjang jalan akan ada plakat petunjuk arah yang akan mengarahkan kalian menuju tempat wisata yang ingin kalian kunjungi seperti Pantai Klayar, Pantai Teleng ria, Goa Gong dll.
Berendam menikmati indahnya pantai
Pelabuhan perahu nelayan di Watu Karung
Pos Watu Karung
Warung makan prasmanan di Pantai Watu Karung
Well, setibanya di kota kelahirannya Pak Sby ini, kami beristirahat sebentar di salah satu pom bensin yang ada di sana. Setelah beberapa menit istirahat, kami pun langsung berangkat lagi menuju pantai. Karena kami masih belum tahu pantai mana yang akan kami datangi terlebih dahulu, maka kami melanjutkan perjalanan dengan mengikuti plakat pantai klayar. Setibanya di pertigaan jalan kami menemui plakat yang bertuliskan belok kiri pantai srau, belok kanan pantai watu karung dan pantai klayar. Akhirnya kami mengikuti ke arah pantai klayar. Sebelum ke pantai Klayar, kami mampir dulu pantai Watu Karung. Pintu masuk pantai ini berupa gapura dengan dua petugas yang siap menarik ongkos tiket masuk. Dua sepeda motor dengan penumpang  4 orang cukup bayar Rp 10.000,- . Setelah memarkir sepeda motor kami, kami langsung menuju bibir pantai. And GREAT!! Wow,, pantainya subhanallah indah sekali. Hamparan pasirnya putih berkilauan di terpa panasnya matahari. Ditambah air laut yang biru bening dan gelombang ombak yang cukup indah. Dikanan kiri pantainya terdapat karang-karang yang mengapit pantai ini. Disisi pinggir pantainya juga terdapat penginapan yang pemandangannya lumayan indah. Jika kalian ingin bermalam di pantai ini, penginapan ini tampaknya sangat cocok untuk tempat peristirahatan selama berlibur di sana.  Selain letaknya yang strategis dipinggir pantai, di penginapan ini ada kolam renangnya juga. Termasuk fasilitas gazebo yang bisa kalian pakai untuk menikmati sunset atau sunrise di pinggir pantai.
Indahnya pantai Watu Karung 
Holiday with my family
Di pantai ini kita bisa melihat beberapa turis yang sedang asyik berselancar. Yup, rupanya pantai ini juga terkenal sebagai pantai yang cocok untuk berselancar. Banyak turis asing yang datang ke sini untuk mencicipi gelombang air laut dari pantai Watu Karung ini. Dan jika kalian amati dengan seksama di dekat batu-batu karang di pinggir pantai, kalian bisa melihat keindahan ikan laut yang berwarna warni sedang melintas diantara terumbu batu karang. Juga beberapa biota laut lainnya. Kalian juga bisa bertemu dengan beberapa nelayan yang membawa hasil melaut mereka seperti ikan, udang,lobster dan lain-lain. Harga seekor lobster yang cukup besar dihargai sekitar Rp. 600.000 / ekor. Harga yang cukup fantastis bukan?? Tapi jangan salah, lobster tersebut dibandrol dengan harga yang tinggi karena menurut penuturan nelayan tersebut, lobster itu bukan jenis lobster biasa melainkan lobster mutiara, daging yang dihasilkan lobster ini lebih gurih dan lezat daripada lobster biasa.  Hmm.. bikin ngiler dengarinnya, pasti kalo di masak enak banget tuh,, xixixi. Okey, kembali ke laptop. Jika kalian merasa lapar di sini, ada beberapa warung yang siap melayani kalian dengan menu makanan ala kadarnya. Tapi jangan salah, walaupun ala kadarnya, rasa makanannya lumayan enak. Harganya pun cocok lah di kantong gak terlalu mahal.
Nyantai di Gazebo pinggir pantai
Batu Karang di pinggir pantai
Pantai di sisi kiri pantai Watu Karung
Batu karang di pinggir pantai
Setelah puas bermain air dan menikmati indahnya pantai Watu Karung, kami segera bergegas keluar menuju perjalanan selanjutnya yaitu pantai Klayar. Well, sekian dulu kisah kami di pantai Watu Karung pacitan Jawa Timur. Ada yang tertarik untuk berselancar??? Datang saja ke pantai ini, dan nikmati sensasinya!!! semoga liburan kalian menyenangkan. Have fun guys,,, ^_^
Reaksi:
Posted by indah haya On 10:16 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About