Thursday, May 22, 2014

Candi Brahu merupakan candi yang dibangun oleh kerajaan Majapahit. Candi ini berada di Dukuh Jambu Mente desa Bejijong kecamatan Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. Konon katanya, nama Brahu berasal dari kata "Waharu" yang artinya bangunan suci. Candi ini dibangun dengan susunan batu bata merah yang menghadap ke barat. Walau umur candi ini sudah tua namun bangunannya masih tetap kokoh dan terawat dengan baik. Ditambah taman dengan hijaunya rumput yang mengelilingi candi tersebut, menambah keelokan tempat bersejarah tersebut. Untuk menikmati bangunan bersejarah ini kalian cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- . Untuk menuju ke lokasi ini, dari arah Sidoarjo atau Surabaya kalian cukup lurus saja menuju ke arah Mojokerto. Letaknya sebelum kota Mojoagung. Kalian tidak perlu khawatir akan kesasar atau kebingungan mencari alamat candi ini, karena plakat jalannya sudah ada di jalan utama mojokerto menuju Jombang. Dari Mojokerto, candi ini berada di sebelah kiri jalan.
Candi Brahu tampak dari depan
Dilarang naik-naik lo ya!!!
Candi Brahu tampak belakang
Taman di candi ini dikelilingi oleh hamparan rumput hijau yang indah, sehingga membuat candi ini menarik untuk dijadikan tempat tamasya kelarga. Biasanya di hari libur sangat ramai dikunjungi pengunjung. Bukan hanya hari libur, namun hari-hari biasa juga kadang-kadang banyak pengunjung yang datang untuk sekedar bersantai bersama keluarga di sana. Selain tamasya, di sana kita juga bisa mengenal peninggalan-peninggaln bersejarah yang masih ada di Indonesia.
Candi Brahu tampak samping
Taman di Candi Brahu
Patung yang ada disekitar candi
Taman di candi Brahu
Pengunjung yang datang ke candi
Candi Brahu juga biasa dijadikan destinasi liburan atau penelitian bagi sekolah-sekolah di daerah mojokerto, sidoarjo, surabaya dan sekitarnya. Biasanya guru-guru mengenalkan peninggalan sejarah kerajaan dengan mengajak muridnya untuk berkunjung ke sana, sambil tamasya sambil belajar. Tentu sangat mengasyikkan bukan??
happy family
adik Iis 
So, yuk berkunjung ke sana dan mengenal lebih jauh peninggalan bersejarah yang masih tersisa di negara kita. Salam.. ^_^ 
Reaksi:
Posted by indah haya On 6:50 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About