Thursday, May 22, 2014

Air terjun Putuk Truno berada di desa Pecalukan kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 mtr, berada di kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Konon nama Putuk Truno ini berasal dari nama seorang laki-laki yaitu Truno yang sedang bertapa di air terjun tersebut kemudian berubah menjadi ular (Putuk) sehingga air terjun tersebut dinamakan Putuk Truno. Akses jalan menuju air terjun ini lumayan mudah karena akses jalannya sudah beraspal dan mulus. Letaknya juga sangat mudah ditempuh karena berada tidak jauh dengan jalan raya. Untuk menuju ke wisata air terjun ini dari arah Surabaya kalian cukup mengikuti arah menuju Malang.  Dari Surabaya-Sidoarjo-Porong-Gempol-Japanan-Prigen. Atau kalian cukup mengikuti petunjuk jalan menuju air terjun Kakek Bodo atau arah ke Tretes agar lebih mudah menuju ke sana. 
Air terjun Putuk Truno Prigen
indahnya pelangi di air terjun Putuk Truno Prigen
Air terjun tampak depan
Aliran air terjun
Wisata air terjun tersebut sudah dikelola pemerintah sehingga tempatnya pun cukup terawat dan bersih. Air terjunnya indah dan bening. Airnya mengalir deras dan cukup mempesona dengan pemandangan tebing-tebing disekitarnya dan batu-batuan yang bertengger di sana. Ditambah hijau dedauan dan pohon-pohon disana membuat air terjun ini terasa nyaman dan asri. Fasilitas di wisata air terjun ini sudah cukup memadai yaitu adanya warung-warung, toilet dan taman serta tempat berteduh dan bangku-bangku yang bisa kita gunakan untuk bersantai selama berada di sana. 
Loket masuk Putuk Truno

Jalan kaki menuju air terjun
Ada gazebo untuk bersantai dan duduk2 dengan keluarga
Dan jika kita beruntung, kita bisa menikmati pelangi yang sering muncul di sana pada siang hari di sekitar tangga turun menuju air terjun. Pemandangannya indah sekali dengan dihiasi air mancur yang berasal dari pipa bocor disekitar tangga. Jika hari libur tiba, tempat ini tidak kalah ramai dengan air terjun Kakek Bodo. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dengan air terjun Kakek Bodo yaitu sekitar 400 meter sebelum ke arah Kakek Bodo. Untuk masuk ke wisata ini kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/ org. Dan tiket parkir sekitar Rp.2.000 untuk satu sepeda motor. 
perjalanan menuju air terjun dengan view hijau dedaunan
aliran air terjun yg deras
Sekian dulu petualangan kami di Prigen Jawa Timur. Disini masih banyak lagi wisata air terjun tersembunyi yang bisa kunjungi. Wassalam..... ^_^
Reaksi:
Posted by indah haya On 11:56 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About