Thursday, May 1, 2014

Pantai Buyutan Pacitan
Pacitan merupakan kabupaten di jawa timur yang memiliki potensi alam yang luar biasa indahnya. Mulai dari pantai sampai keindahan goa-goa yang tersimpan di dalam alamnya.  Maka tidak heran jika kabupaten ini dijuluki dengan kota 1001 goa. Namun selain goa, pantai yang ada di kabupaten pacitan ini juga tidak kalah banyaknya dengan goa-goa tersebut. Salah satunya adalah pantai Buyutan yang berada di desa Widoro kecamatan Donorejo kabupaten Pacitan. Pantai ini bersebelahan dengan pantai Banyu Tibo. Pantai Buyutan memiliki pemandangan yang cukup eksotis dengan pasir putihnya yang indah. Ditambah batu kapur yang menjulang seperti pulau ditengah lautnya. Juga hutan bakau dan hamparan pasir panjang yang lumayan luas diapit oleh dua bukit batu. Akses jalan masuk ke pantai ini awalnya melalui jalan beraspal melewati rumah-rumah penduduk. Setelah melewati jalan beraspal kita akan melewati jalan setapak berupa tanah dengan pemandangan ladang sawah penduduk di kanan kiri jalan. Setelah sampai di ujung jalan, sebaiknya kendaraan diparkir saja di dekat ladang penduduk karena akses jalan menuju pantai ini sangat rusak. Kondisi jalannya sangat tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan, apalagi jalannya yang lumayan sempit dengan alas bebatuan yang besar-besar. Untuk menuju pantai ini bisa kita lalui dengan berjalan kaki. Karena jalan ke pantai ini menurun, maka kita tidak akan kesulitan untuk menuju pantai. Kira-kira sekitar 1 km dengan alur jalan yang berkelok-kelok. Dari atas ladang penduduk, kita sudah bisa menikmati indahnya pemandangan pantai ini. Untuk berkunjung ke pantai ini, kita tidak perlu membayar biaya masuk, karena tidak ada petugas maupun pos penjagaan di sana. Pantainya masih tergolong pantai alami dan jarang dikunjungi karena letaknya yang terpencil.     
Akses jalan ke pantai Buyutan dengan ladang sawah penduduk dikanan kiri jalan
Pemandangan pantai Buyutan dari atas ladang sawah
Akses jalan menurun menuju pantai, jalannya rusak parah
Sepeda motor hanya bisa sampai sini, karena jalan sangat tidak bersahabat
Dari perjalanan kami selama dua hari di pacitan, pantai inilah yang paling sepi pengunjung. Hanya satu dua orang yang ada di sana. Tampaknya memang pantai ini belum banyak dijamah orang.  Saat berada di pantai ini berasa seperti private pantai. Tidak ada warung, tidak ada fasilitas toilet, tidak ada apapun di sini. Yang ada hanyalah hamparan pasir panjang dengan birunya air laut yang indah. Suasana di pantai ini benar-benar membuat saya merasa nyaman dan betah berada di sana berlama-lama. Kami pun menikmatinya dengan mengabadikan foto di sana, dan mengumpulkan beberapa terumbu karang yang terdampar di pinggir pantai untuk kami bawa pulang sebagai kenang-kenangan. xixixi..
View pantai Buyutan
Nyantai dulu menikmati suasana pantai
Berasa di private beach, sunyi sepi,,, :D

Nah, karena hari semakin siang dan panas, kami pun segera bersiap pulang. Kami akan melanjutkan perjalanan ke Goa Gong. Sampai jumpa di cerita selanjutnya,,, :)
Reaksi:
Posted by indah haya On 10:26 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About