Wednesday, May 28, 2014

Patung Budha Tidur (The sleeping Buddha) ini berada di komplek Maha Vihara Mojopahit di desa Bejijong kecamatan Trowulan kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Tempat ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Budha dan juga dibuka untuk masyarakat umum yang ingin melihat maupun mengetahui sejarah patung tersebut. Patung buddha tidur di sini merupakan patung Buddha terbesar ketiga di Asia dengan panjang 22 meterdan lebar 6 meter, tinggi 4,5 meter. Patung ini dibuat pada tahun 1993 yang menggambarkan wafatnya sang Buddha Siddartha Gautama dalam kondisi tertidur. Seluruh bagian patung ini berwarna kuning keemasan dengan relief-relief yang menggambarkan kehidupan buddha Gautama. 
Patung Raksasa Buddha Tidur 
patung buddha tidur dari samping kiri
taman disekitar patung buddha tidur
Patung buddha tidur dari depan
Di samping patung Buddha tidur ini terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang konon katanya merupakan lambang dari kehidupan sang buddha dan ajaran agama Buddha.  Tepat dibawah bangunan patung buddha ini juga terdapat kolam yang berisi ikan mas, lele dan beberapa ikan lainnya dengan ukuran jumbo. Pengunjung bisa ikut memberi makan ikan-ikan ini dengan membeli makanannya di penjual yang ada di sana. 
Kolam ikan disekitar patung
Kolam ikan
Kolam air lambang kehidupan sang buddha 

patung buddha diatas kolam ikan
Di sini kita juga bisa melihat beberapa miniatur candi maupun patung buddha seperti miniatur candi borobudur, patung buddha dengan ukuran mini, dan taman dengan tanaman-tanaman dan kolam kecil disekitarnya. Tempatnya lumayan rindang dan asri. Untuk menuju kesini dari arah SIdoarjo maupun Surabaya, kalian cukup menuju ke arah Mojokerto/ Jombang. Nanti jika sudah sampai di daerah Trowulan, akan ada plakat yang akan memberitahu kita letak kompleks Maha Vihara Patung Buddha tidur tersebut. Letaknya tidak terlalu sulit untuk dicari karena sudah ada petunjuk jalannya di dalam gang di pedesaan tersebut. 
Sasana Bhakti
lokasi depan patung buddha tidur
Daun teratai yang cantik disekitar taman
salah satu bunga di taman Maha Vihara
Miniatur candi Borobudur
Taman di Maha Vihara
Kala hari libur, tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin melihat patung Buddha ini. Atau ada juga yang  datang untuk beribadah, maupun untuk mempelajari sejarah dari peninggalan sang Buddha. Saya sendiri, datang ke sana karena penasaran dengan patung Buddha yang katanya terbesar ketiga didunia tersebut. Tertarik untuk melihat patung raksasa di sini??? Datang saja ke Trowulan Mojokerto, banyak sekali peningggalan bersejarah di sana yang bisa kalian temukan. Salam ^_^
Reaksi:
Posted by indah haya On 1:02 AM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About