Wednesday, August 10, 2011

Ubi Jalar
Hari libur paska lebaran kala itu, saya dan teman saya berencana jalan-jalan ke daerah pacet. Nah, kebetulan saya punya teman di sana. Setelah puas berjalan di daerah sana, kami pun mampir ke rumah teman saya tersebut. Di sana kami diajak untuk panen telo di sawah teman saya itu. Wah, senangnya kami. Kamipun langsung berangkat ke sawah. Sesampainya di sana kamipun langsung mengubrak abrik tanah di sana untuk mencari harta karun yang tertimbun di sana. Uppss,,, bukan harta karun yang mahal itu loh,, tapi ini harta karun berupa ubi jalar khas kota pacet. Nah, mau tau seperti apa ubi jalar tersebut?? simak yuk...

Ubi jalar atau yang biasa disebut ketela rambat atau sweet potato diperkirakan berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah (blogku.com).
ikut panen
Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia. Nah, tumbuhan ubi tersebut banyak kegunaannya. Misalnya buahnya, bisa kita makan, tapi harus di masak dulu lo ya.. Buah ubi atau ketela bisa kita makan dengan cara direbus terlebih dahulu, atau jika mau bervariasi bisa kita buat jadi kripik ubi. Biasanya, ubi juga bisa kita masak menjadi kolak yang segar. Daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk lalapan dengan menu sambel penyet. Hmm... bisa dibayangkan kan betapa nikmatnya.....
ketela ungu
Nah, setelah kita membicarakan tentang telo ungu, atau ketela jalar, sekarang kita beralih ke terong. Di sana juga banyak terdapat pohon terong. Wah, kamipun menyerbu terong tersebut, panen, panen,, asyiknya bertani.
panen terong
Bagaimana sih tanaman terong itu?? Tanaman terong ungu adalah jenis tanaman perdu dan banyak mengandung khasiat. Mulai dari akar hingga daunya bisa digunakan untuk obat-obatan. Cara membudidayakannya juga tidak terlalu rumit. Terong atau nama ilmiahnya Solanum melongena dapat tumbuh mencapai tingginya 60-90 cm.Dari penyemaian sampai berbuah dan siap dipanen hanya makan waktu 90 hari atau sekitar 3 bulan. Daunnya lebar dan berbentuk telinga. Bunganya berwarna ungu. Buah terong sudah sangat dikenal masyarakat dan banyak digunakan sebagai lalap (sayuran segar) atau disayur. Rasanya enak dan mengandung vitamin (hananhiri.com).
kebun telo
Nah, demikian lah sejarah tentang ketela ungu, juga beberapa manfaat dari ketela dan terong. Setelah puas panen, kamipun berkeliling ke sawah tersebut. Selain pemandangan yang indah di sana, suasana desanya juga sangat asri. Ditambah view pegunungan yang membuat mata semakin fresh berada di sana.Sekian perjalanan kami panen telo dan terong di desa pacet kabupaten Mojokerto. Bagi Anda yang berkunjung ke sana jangan lupa beli oleh-oleh telo pacet. Rasanya manis dan mak nyus deh pkoknya,, xixixi..
Reaksi:
Posted by indah haya On 2:01 AM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About