Thursday, May 9, 2013

Kebun kaktus di Kebun Raya Purwodadi
Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu kebun raya yang cukup besar yang ada di Indonesia. Kebun Raya Purwodadi berada di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Wisata di sana menyuguhkan pemandangan dengan berbagai macam pohon dan tanaman. Biasanya tempat tersebut digunakan untuk penelitian-penelitian anak-anak sekolah. Kebun yang cukup luas tersebut juga sangat cocok untuk tempat berlibur kita saat ingin berkumpul dengan keluarga atau teman. Biasanya bila ada perayaan atau hari keagamaan banyak orang yang menyewa tempat di sana untuk ritual keagamaan mereka atau sekedar membuat forum musyawarah di sana. Ada juga ibu-ibu PKK yang datang ke sana hanya untuk senam pagi bersama ibu-ibu lainnya. Bila kalian tidak ingin capek berkeliling di kebun yang cukup luas itu, kalian bisa menyewa mobil atau menyewa sepeda ontel di sana dengan tarif yang terjangkau. Untuk tiket masuk ke Kebun Raya tiketnya di bandrol dengan harga Rp. 5.000/org. Untuk parkir sepeda motor seharga Rp. 2.000/spd. Untuk menyewa mobil atau sepeda ontel ada harga tersendiri. Kalian bisa minta informasi pada petugas di sana. Ada juga kereta kelinci yang bisa kalian sewa untuk berkeliling. Selain hutan-hutan dan tumbuh-tumbuhan kalian juga bisa menikmati pemandangan sungai yang aliran airnya cukup deres di sana. Menurut penduduk sekitar sana, dulu di kebun raya tersebut ada air terjun yang bisa kita datangi juga sebagai pelengkap wisata Kebun Raya. Tapi sekarang, antara air terjun dan kebun raya tersebut dipisah dan dibatasi oleh pagar. Sehingga bila kalian ingin menikmati air terjun di sana, kalian harus keluar lewat pintu depan di kebun raya dan menuju ke belakang kebun raya apabila ingin menikmati sejuknya air terjun. Di kebun raya Purwodadi ini kalian juga bisa menikmati beberapa kolam yang cukup besar di sana. Juga ada beberapa pohon unik yang bisa kalian lihat.
Jalanan di hutan kebun raya Purwodadi
Salah satu kolam di sana
Liat ibu-ibu senam di Kebun Raya
Sebaiknya jika musim hujan datang ke sana, kalian wajib bawa payung nih. Karena semakin jauh kaki kalian melangkah memasuki hutan di kebun raya, semakin tidak ada tempat untuk berteduh. Yang ada hanya pepohon yang besar-besar dengan beberapa fasilitas tempat duduk di sebelahnya. Ada sih beberapa padepokan kecil untuk berteduh atau sekedar beristirahat. Tapi bila banyak pengunjung yang datang ke sana, tentu tidak akan muat.
Jembatan di sungai
Indahnya sungai yang ada di Kebun Raya Purwodadi
Diantara dedaunan yang berguguran
Kebun Raya Purwodadi buka pada jam 08.00 Wib dan tutup pada jam 16.00 wib. Usahakan sebelum jam empat sore kalian sudah harus pulang dan keluar dari area kebun Raya. Biasanya bila ada pengunjung yang datang pada jam 14.00 wib sore, tidak diperbolehkan masuk. Karena waktunya sudah mepet untuk tutup. Di sana juga ada tempat untuk tanaman obat loh teman-teman. Pokoknya berbagai jenis tumbuhan ada di sana.
Gelantongan di akar Pohon
Blusukan diantara akar-akar pepohonan
Gerbang depan Kebun Raya PurwodadI
Sampai disini dulu acara blusukan kami di Kebun Raya Purwodadi kabupaten Pasuruan. Tempat ini cocok juga bagi kalian yang ingin hunting foto loh, karena nuansa dan pemandangannya indah. Sampai jumpa di episode blusukan kami yang lainnya. See You ~0~
Reaksi:
Posted by indah haya On 9:00 AM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About