Sunday, May 12, 2013

Hutan Mangrove
Hutan Mangrove Surabaya merupakan  lokasi eko wisata hutan yang sedang dalam proses pembangunan oleh pemerintah. Letaknya di pantai timur kota Surabaya di desa Wonorejo. Menurut saya pengembangan hutan mangrove tersebut perlu didukung dan di support oleh warga Surabaya, mengingat kota Surabaya yang sangat panans dan tidak ada lahan untuk penghijauan. Ditambah banyaknya bangunan-bangunan dan mall yang ada di sepanjang jalan kota Surabaya. Juga pemukiman-pemukiman penduduk yang sangat padat sekali membuat kota Surabaya seolah menjadi kota dengan penduduk yang sangat memebeludak. Juga kemacetan-kemacetan yang sering terjadi di Surabaya. Dengan adanya hutan mangrove ini, semoga warga Surabaya bisa sekedar menghirup udara segar di sana karena lokasinya yang terbilang banyak tumbuhan-tumbuhan serta sungai yang masih tidak tercemar oleh limbah industri. Namun, untuk pemerintah kota, sebaiknya perlu meningkatkan kebersihan di kawasatan ekowisata tersebut, karena menurut saya, air di aliran sungai tersebut masih banyak sampah organik atau non organik yang membuat keindahan kawasan tersebut menjadi berkurang. 
Joging track hutan mangrove
Juga perlu adanya perluasan pada area joging track, karena menurut saya area tidak memadai dan kurang luas. Mungkin untuk ke depan pemerintah bisa mengelolanya menjadi tempat wisata yang asri dan sejuk juga dapat menjadikan hutan mangrove tersebut menjadi jantung kota Surabaya selain di kebun bibit. Satu lagi yang menurut saya kurang nyaman adalah papan-papan kayu di joging track ada yang sudah patah atau mulai lepas baut-bautnya sehingga bisa saja membahayakan pengunjung yang tidak hati-hati berjalan di sana. Semoga pemerintah segera memperbaikinya.
Tambak di sebelah hutan mangrove
Dan bila semua yang saya bicarakan diatas adalah kekurangan-kekurangan dari segi pegamatan saya sendiri,saya pun ingin berbagi dari segi kelebihan hutan mangrove ini. Seperti yang saya tulis di atas bahwa kota Surabaya adalah kota metropolitan yang super panas dan berpolusi, maka dengan adanya hutan mangrove saya rasa bisa menjadi sarana yang baik untuk menyejukkan udara di kota Surabaya. Selain tempatnya sejuk, juga kita bisa bersantai dipinggir-pinggir joging track yang ada disana sembari melihat pemandangan alamnya.

Tempat tersebut juga cocok untuk dijadikan tempat pengambilan gambar atau foto karena pemandangannya sangat asyik. Hasil gambar pun cenderung terlihat bagus. Banyak muda mudi yang datang ke sana bersama teman atau keluarganya untuk sekedar bersantai atau menikmati suasana alamnya. Ada pula yang datang untuk melakukan foto pre wedding, foto model majalah, foto iklan bahkan saya menjumpai ada yang syuting bikin video klip di sana. Beranekaragam hal bisa kita lakukan di sana.
Area joging track
Di sebelah hutan mangrove tersebut juga di sediakan tempat untuk pemancingan. Tempatnya sangat luas pemirsa. Jadi bagi kalian yang ingin menikmati ikan hasil tambak juga bisa ke sana dengan membawa pancing. Juga banyak tambak-tambak air yang bisa kalian jadikan alternatif tempat foto. Pemandangannya pun indah. Biaya untuk masuk lokasi hutan mangrove tersebut cukup murah,kalian cukup membayar Rp. 1000/org untuk menikmati joging track dan bayar parkir Rp. 2.500. Jadi hanya dengan membayar Rp. 3.500,- kalian sudah bisa menikmati eko wisata hutan mangrove. Bagi kalian yang ingin naik kapal boat, bisa menyewa juga di sana.
Kolam pancing di hutan mangrove
Nah, bagi kalian warga Surabaya yang belum pernah ke sana, monggo berkunjung ke sana. Akhir kata, sekian petualangan saya di hutan mangrove Surabaya. Kita ketemu lagi di episode mblasukan yang lainnya... Salam... :) 
Reaksi:
Posted by Unknown On 10:52 PM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About