Thursday, February 13, 2014

Touring-touring,,, Touring kali ini, kami berkunjung ke wisata Gunung Bromo dan sekitarnya. Jika dahulu kala saya hanya bisa menikmati indahnya lautan pasir di Bromo, kali ini saya ingin mengunjungi seluruh pemandangan di Bromo mulai dari lautan pasir, bukit teletubies, padang savana sampai pada Penanjakan. Untuk menuju wisata Gunung Bromo ada tida jalur yang bisa kita lewati yaitu melalui Pasuruan, Probolinggo dan Malang. Dan kali ini kami lewat kabupaten Malang menuju Gunung Bromo ini. Untuk lewat Malang kita akan melewati desa Tumpang. Namun untuk lewat melalui jalur Malang kita harus berhati-hati karena jalurnya lumayan menanjak.
Bromo
Kami berangkat dari Sidoarjo sekitar jam 04.30 pagi dan tiba di daerah kawasan Bromo jam 07.00 pagi. Sebelum menikmati pemandangan indah di Bromo, kami menuju ke Penanjakan untuk menikmati sunrise di sana. Sayangnya, di sepanjang jalan semua tertutup oleh kabut sehingga jarak pandang agak tertutupi. Dan yang lebih mengecewakan lagi adalah, sesampainya di Penanjakan kondisi yang sama terjadi. Semua tertutup kabut dan tidak ada yang bisa kami lihat di sana. Padahal saya ingin sekali menikmati sunrise di atas penanjakan, tapi memang kami kurang beruntung. Huhuhu... sedihnya, kami menunggu sekitar 1.5 jam di sana berharap matahari akan memancarkan sinarnya. Ternyata nothing happen, semua tetap sama berkabut. Akhirnya kami putuskan untuk turun dan menuju lautan padang pasir Bromo. Namun sebelum turun, kami menyempatkan diri untuk sarapan pagi di sana. Kami membeli bakso untuk menghangatkan diri. Setelah selesai sarapan, kami segera menuju tempat parkir dan melaju ke Bromo. Sebelum ke Bromo, kami berhenti di tengah jalan di dekat jembatan untuk foto-foto karena view disitu cukup bagus. Dan, rasa kecewa sayapun sedikit terobati melihat pemandangan Gunung Bromo dari atas. Pemandangannya begitu indah dan bagus.
Penanjakan
Penanjakan tertutup kabut
Gapura Penanjakan
Jembatan Penanjakan
Sarapan pagi "Bakso Penanjakan"
Setelah selesai foto-foto, kami melanjutkan perjalanan ke Bromo. Kami melewati jalan menurun yang menuju lautan pasir. Karena tidak ada matahari yang datang, maka suasana di lautan pasir pun terlihat sunyi. Pasirnya pun padat sehingga tidak terlalu berbedu ketika lewat sana. Dan kami kembali berhenti untuk mengambil gambar dan berkeliling di sekitar lautan pasir. Padang pasir tersebut begitu luas dengan pemandangan gunung-gunung di sekitarnya. Walaupun langitnya tertutup kabut, amun pemnadangan di sana tetap lah indah dan mempesona.
Segarnya udara pagi di Bromo
Bromo-Lautan Pasir
Lautan Pasir
Puas berada di lautan pasir, kami pun beranjak dari sana dan menuju bukit teletubies yang ada di balik lautan pasir. Dan jalan yang kami lalui sudah tidak pasir lagi tetapi tanah becek yang terkena air. Karena jalannya cukup becek dan licin, kita harus berhati-hati jika menuju ke sana pada musim hujan. Kami pun sedikit kebasahan karena tiba-tiba hujan turun rintik-rintik. Nampaknya hujan tersebut merupakan luapan kabut yang terkena matahari sehingga menyebabkan terjadinya hujan rintik di sana. Namun beberapa menit kemudian huan pun berhenti. Namun mendung dan kabut masih tetap menyelimuti area bukit teletubies tersebut. Begitu sampai disana, kami langsung menyiapkan kamera untuk action, hehe.. Sebelum hujan kembali mengguyur, kami manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Sebenarnya saya ingin sekali masuk dan berjalan-jalan di atas bukit teletubies tersebut. Namun karena hujan rintik-rintik kembali datang, akhirnya kami hanya sebentar menikmati pemandangan sekitar. Selesai foto-foto kami pun segera bergegas dan menuju jalan pulang.
Bukit Teletubies
Pemandangan di bukit teletubies

Memang benar-benar indah semua alam ciptaan Allah Swt. Semua menyimpan pesona yang luar biasa. Semoga tetap lestari dan tetap terjaga sepanjang masa. Cukup sekian kisah touring kami kali ini. See you next.... ^_^